Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

JOB FAIR KEMERDEKAAN | BANTU MENEKAN ANGKA PENGANGGURAN 

JOB FAIR KEMERDEKAAN | BANTU MENEKAN ANGKA PENGANGGURAN 

Kembali lagi bersama sobat literatur kita.. Halo Pams! Saat ini kita akan menyajikan berita yang masih hangat-hangatnya nih. Pada 2 pekan yang lalu, SMK Negeri 1 Malang telah selesai mengadakan serangkaian acara JOB FAIR dengan tema JOB FAIR KEMERDEKAAN.Pelaksanaannya mulai tanggal 29 hingga 30 Agustus 2023 di lapangan indoor SMKN 1 MALANG. Rangkaian acara ini, merupakan sebuah ajang yang salah satunya untuk membantu lulusan ataupun alumni SMKN 1 Malang dan bagi masyarakat umum dalam mendapatkan pekerjaan sesuai minat, bakat dan bidang yang mereka inginkan, loh sob.

Rangkain acara dimulai tanggal 29 Agustus 2023 Pukul 07.30 WIB – 08.00 WIB. Rangkaian acara diawali dengan mengisi daftar hadir atau registrasi yang dilakukan para pelamar kerja. Daftar hadir tersebut terdapat pada pintu masuk SMKN 1 Malang. Selanjutnya, yaitu pembukaan yang dilakukan oleh MC. Setelah serangkaian acara telah dibaca oleh MC,dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Seluruh pelamar yang hadir dan para undangan dimohon untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama sama. Adapun proses laporan pembukaan oleh Bapak Andri Kusdarmanto S.Pd selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Malang. “Acara ini dapat digunakan sebagai wadah untuk membantu para lulusan SMKN 1 Malang dalam mendapat pekerjaan yang sesuai kualifikasi dan yang diharapkan” Ujar beliau. 

Setelah serangkaian paparan yang disampaikan oleh Bpk. Andri Kusdarmanto S.Pd selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Malang. Acara selanjutnya yaitu sambutan dari DISNAKER (Dinas Tenaga Kerja), penanganan modal dan PTSP oleh Bapak Eka Yudha Sudrajad, S.AB. Menurut beliau Kegiatan ini merupakan suatu fasilitas untuk menekan angka pengangguran khususnya di wilayah Kota Malang. Sambutan juga diberikan oleh Ketua Cabang Dinas Wilayah Kota Malang dan Kota Batu. Sambutan diberikan oleh Dr. Ema Sumiarti, M.Si, sambutan ini juga sekaligus membuka kegiatan JOB FAIR KEMERDEKAAN SMKN 1 Malang. “Keberhasilan merupakan suatu hasil dari niat dalam diri kita” Ujar beliau. Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Dodit Widnarko, S.Pd.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam. Rangkaian doa telah selesai dilaksanakan selanjutnya yaitu pertunjukan tari dari tim ekstrakurikuler tari SMKN 1 Malang.

Pamsagaca Dance – Tari Kreasi Gelora Pancaraga

Untuk mengurangi rasa ketegangan pada para peserta pelamar, siswa siswi SMKN 1 Malang menampilkan beberapa kemampuan dan bakat mereka dengan sangat memukau loh sobat. Beberapa penampilan mereka antara lain:

  1. Hari bersamanya – Fatih ibnu
  2. Komang – Fatih ibnu
  3. Nemen – intan Kurniawati 
  4. Mendung tanpo udan – intan Kurniawati
  5. Laskar pelangi – Bayu arnata 
  6. Sanes – Fatih ibnu 
  7. Kangen – Intan Kurniawati 

Rangkaian acara pada hari itu tidak berhenti sampai disitu saja selanjutnya yaitu Pemaparan oleh 18 industri yang mengikuti kegiatan JOB FAIR KEMERDEKAAN SMKN 1 Malang.

Perusahaan industrinya, antara lain:

  1. PT. INDOMARCO PRISMATAMA | Oleh: Bapak Boby Kurniawan 
  2. BTPN SYARIAH | Oleh: Bapak Pandu 
  3. PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE 
  4. YAYASAN KEBANGKITAN PUTRA PUTRI INDONESIA | Oleh: Bapak Hartono 
  5. PT. LION SUPER INDO
  6. CV. METEOR PANEN ARTO
  7. OPTIK INTERNATIONAL 
  8. PT. INDORAJ ARSIP MULTIGUNA 
  9. PT. PRIMA KARYA SARANA SEJAHTERA 
  10. PT. TRISTAR GLOBAL INDONESIA 
  11. EDU TALENTA 
  12. PT. PESTA PORA ABADI
  13. ROYAL GROUP 
  14. PT. ARTA BOGA CEMERLANG
  15. PT. BINAMANDIRI MULYA JAYA 
  16. PT. KEBUN BUMI LESTARI
  17. PT. HAWAI BERKAH JAYA 
  18. PT. SMARTFREN 
Proses Interview

Selanjutnya Kegiatan seleksi/wawancara dilaksanakan di ruang teori maupun tenda sesuai denah lokasi setiap perusahaan mitra jobfair yang telah disediakan. Para peserta diharapkan untuk masuk ke dalam ruangan masing-masing. 

Kegiatan tidak berhenti di tanggal 29 agustus 2023 saja loh sob, namun kegiatan dilanjutkan pada keesokan harinya yaitu tanggal 30 Agustus 2023. Rangkaian acara pada tanggal 30 agustus ini dilaksanakan seperti pada hari sebelumnya. Seluruh rangkaian kegiatan JOB FAIR KEMERDEKAAN telah selesai dilaksanakan dengan lancar. Penutupan acara dipimpin oleh Bapak Andri Kusdarmanto S.Pd. selaku kepala sekolah SMKN 1 MALANG. Dengan kegiatan ini semoga dapat mewujudkan tujuan SMKN 1 MALANG yaitu menekan angka pengangguran di wilayah Kota Malang. 

Oleh: Devina x MPLB 1 | Devima x MPLB 1